Kamis, 27 Desember 2012

Ball Jointed Doll


Halo minna san.. :)
masih ingat thread ku yang sebelumnya kan.. yang tentang boneka Dollmore... nah, boneka dollmore tergolong boneka BJD atau bisa desebut Ball Jointed Doll...
apakan BJD itu ??? dan bagaimana kriteria dan perawatannya.. berikut infonya.. :)


BJD merupakan singkatan dari Ball Jointed Doll, semua yang berhubungan dengan boneka yang menggunakan joint menyerupai bentuk bola dan bisa digerakan. BJD bisa juga disebut sebagai ABJD (Asian Ball Jointed Dolls). Hampir semua BJD terbuat dari polyurethane resin (menyerupai plastik keras dan tebal) akan tetapi ada juga yang menggunakan french resin (hampir sama seperti polyurethane akan tetapi lebih menyerap cahaya dan lebih transparan). BJD sebagian besar di produksi di Jepang, Korea Selatan, dan Cina. Style BJD bermacam-macam, ada yang realistik, ada juga yang berdasar dari anime. Size BJD juga bervariasi ada yang dari 90cm sampe yang terkecil yaitu 10 cm. BJD pada umumnya ditujukan untuk kolektor dan customizer. BJD mempunyai fitur istimewa yaitu fully customize (bisa diganti mata dan wig).

Ada berpuluh - puluh company BJD di dunia baik dari individual sculptop maupun company besar. Produksi BJD paling banyak terdapat di korea selatan. sedangkan company BJD yang pertama ada di jepang, dengan menghadirkan banyak variasi BJD. selain itu BJD juga mempunyai sistem produksi yang bervariasi ada yang secara basic, limited, bahkan one of kind, adapun variasi ukuran BJD dari yang paling kecil sampai yang paling besar

Company BJD pada umumnya menjual baju, wig, mata, dan peralatan keperluan yang dibutuhkan untuk merawat ataupun mengubah penampilan BJD sesuai dengan keinginan pemiliknya.

  
Macam - macam boneka BJD ( ball Jointed doll )

BJD sendiri ada 2 Jenis dasar yaitu :
1. Artist and Custom-manufactured Sculpts
Jika sebuah BJD yang dibuat tidak dalam company atau rekues secara individual, biasanya harus memenuhi syarat diatas. Pembuatan doll yang dibuat sendiri harus mengikuti syarat diatas

2. Grandfathered sculpts
Untuk boneka selain kriteria diatas tetapi bisa dikatakan sebagai BJD dikarenakan beberapa syarat masih bisa dipenuhi. Ini diperbolehkan didasarkan pada persetujuan yang telah dibuat. Boneka ini juga beberapa dijadikan sebagai acuan pembuatan BJD di awal:
Obitsu 60, Obitsu 50 and Obitsu 40
Volks Reitenshi
Unoa 2nd
Baby Supia
Custom manufactured dolls ordered before June 2011 (DiM Minimee, Nobility)


Kriteria BJD

Semua boneka bisa dikatakan BJD ketika boneka tersebut memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam sebuah forum besar (kami mengambil kriteria berdasar forum Den of Angel sebagai tolak ukur). Kriteria yang ditetapkan adalah sebagai berikut:

• º Bahan º •
Bahan pembuatan BJD terbuat dari "resin"

• º Engsel º •
Boneka terdiri dari beberapa bagian yang disatukan dengan string agar bisa menjad boneka.

• º Artikulasi º •
Artikulasi menggunakan ball-and-socket joints atau kombinasi dari ball-and-socket joints (bisa berupa modifikasi joint, misal: double joint, sliding joint)
Jika menggunakan kawat atau pins seperti yang terdapat pada barbie/figurine, tidak bisa disebut sebagai sebuah BJD

• º Pose º •
Bisa berpose dikarenakan banyaknya titik artikulasi, minimal sebuah boneka manusia mempunyai join di leher/kepala, bahu, sikut, pergelangan tangan, panggul, lutut, dan tumit.

• º Exchangeable Parts º •
Mempunyai bagian kepala dengan mata yang bisa diganti-ganti (ditukar sesuai keinginan) tidak terkecuali sleeping/mata tertutup karena mata tersebut tetap bisa diisi oleh bola mata.

• º Nude º •
Sifatnya nude tanpa bagian baju yang menempel ataupun rambut yang menempel. Akan tetapi beberapa sculpt bisa ditoleransi dikarenakan rambutnya menempel akan tetapi tetap bisa memakai wig (misal: Soom SuperGem Lupin dan Monzo) atau mendapat bagian spesial seperti armor (misal: Luts Untold Story SSDF Abaddon dan Untold Story SSDF Regen).

• º Manusia º •
Ada bagian manusianya bisa dilihat dari join, tipe, ataupun parts. Tidak bisa dianggap BJD jika secara keseluruhan boneka tersebut adalah binatang.

• º Estetika º •
Boneka dibuat mampu di customize, jadi boneka tersebut bisa diganti secara face up (walaupun boneka tersebut datang dengan face-up, face up tersebut bisa diganti sesuai keinginan). Wig tidak bisa ditempel di kepala (tidak menempel pada dollnya, tetapi bisa diganti-ganti), dan tidak bisa dijahit bersama bajunya (baju tidak menempel seperti boneka bayi).

• º Style º •
Konsisten dan mampu disejajarkan dengan Asian BJD Style (maksudnya ada kemiripan dengan style Asia)

• º Sculpt º •
Detail dari bagian tubuh terlihat, bukan seperti manekin untuk memajang baju. Secara anatomi bisa dikatakan mirip manusia (misal: jari kaki dan tangan, bagian otot, bisa dibedakan secara gender)

• º High Quality dan Teknik º •
Dibuat dengan teknik yang baik, kualitas yang bagus dan tidak meniru secara total bentuk doll lain.

ø EXTRA NOTES ø
Untuk modifikasi Figurine yang diberi joint atau apapun, tetap tidak bisa DIANGGAP sebagai BJD. 
Adapun company yang membuat BJD memproduksi boneka lain yang bukan BJD tetap TIDAK BISA DIANGGAP sebagai BJD. 
Doll Hybrid yang tidak memenuhi kriteria (misa: kepala off topic di badan BJD atau kepala BJD di badan off topic). 
Yang pasti tentu saja FAKE/BJD BAJAKAN 
tidak diperbolehkan karena dianggap sebagai non-BJD. Untuk doll bajakan silahkan pergi ke non-BJD.


BJD yang bajakan kurang bisa terlihat jika orang awam melihatnya.. tapi dapat dirasakan karena resin yang digunakan dalam BJD yang bajakan adalah resin yang murah. BJD bajakan dibuat dari cetakan yang langsung dibuat cetakannya dari BJD ori nya. jadi kemungkinan cacat dan kurang halus dalam pengerjaannya  karena ketelitian dalam membuat cetakanya masih diragukan. pembajak ga akan bisa masang headplate asli atau mencetak logo dengan benar.. dan yang pasti fake BJD harganya sangat lebih murah banget ketimbang BJD yang asli.... berikut contoh headplate yang asli

Posted Image

Tips-tips untuk perawatan BJD:

• Cleaning •
Membersihkan BJD tidak harus setiap hari dibersihkan, akan tetapi jika mulai kotor bisa dibersihkan. Membersihkannya ada beberapa cara:
- Air+Sabun/Tissue Basah : digunakan untuk membersihkan debu atau pembersihan doll secara berkala, tidak perlu sampai masuk ke dalam tempat stringnya, cukup seperti di washlap dengan tissue/kain/handuk ^^
- Magic Eraser/Magic Sponge : untuk menghilangkan stain pada tempat tertentu. (perhatian: untuk item ini, sifatnya seperti amplas, jadi hati-hatilah untuk memakainya terutama stain yang bersangkutan dengan face up)
- Acetone/Thinner : Membersihkan stain dan menghapus MSC, hati-hati jika ingin menggunakannya, karena sifatnya korosif, lalu sebaiknya hindari membersihkan bodi dengan kepala doll masih terpasang karena bisa merusak face up yang masih bagus (kecuali jika ingin menghapus face up)

• Yellowing •
"BJD yang terbuat dari resin mudah sekali yellowing (karena bahannya jika bersentuhan dengan udara akan bereaksi). Reaksi perubahan warna bervariasi tergantung dari bahan campurannya. Ada 2 macam resin yang digunakan, polyurethane dan french resins. Polyurethane mempunya warna yang solid sedangkan french resins lebih bersifat transparan dan menyerap cahaya sehingga lebih cepat untuk berubah warna."

1. Rentan untuk terkena sinar matahari/benda panas. Membuat mereka cepat untuk berubah warna, sebaiknya dihindarkan dari sinar matahari terlalu lama/benda-benda panas di sekitarnya. Suhu ruangan juga mempengaruhi.

2. Hindari penggunaan flash/lampu studio, karena sifat lampu studio ini panas, mempercepat yellowing.

3. Selalu simpan di tempat sejuk dan terhindar dari cahaya lampu yang panas.

4. Walaupun sudah ada UV-cut Resin yang dipakai company, resin itu hanya mempunyai waktu yellowing yang lebih lama dibanding yang tidak mengandung UV-cut.

• Stains •
"Resin BJD menyerap warna"

1. Jangan memakaikan pakaian untuk BJD terlalu lama (kecuali untuk baju putih) karena ada kemungkinan untuk meninggalkan bekas.

2. Wig cap dan helaian rambut juga bisa menimbulkan stains berhati-hatilah jika meninggalkannya terlalu lama pada doll.

3. Resin dengan dilapisi MSC itu menyerap debu, sehingga harus sering dibersihkan, cukup dengan tissue basah setelah dibawa ke tempat yang berdebu atau cukup ramai. (Make-up BJD juga terlapis oleh MSC jadi selalu bersihkan tangan sebelum memegang jika tidak ingin BJD anda kotor!)



sekian info tentang BJD dari saya,... info ini saya peroleh dari http://w11.zetaboards.com/parbai/index/ & foto" saya ambil dari http://www.dreamofdoll.com

~arigatou gozaimasu~




Categories:

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Ka tau ga tempat yang jual BJD di indo ?

Dinda mengatakan...

Pengen beli tapi takut ketipu sama yg bajakan,, ada saran ngga ka?

Copyright © Metaphysical Paradox

Distributed By My Blogger Themes | Blogger Theme By NewBloggerThemes Up ↑